Home Kesehatan Punggung Anda Sering Sakit? Coba Perhatikan Cara Tidur Anda.

Punggung Anda Sering Sakit? Coba Perhatikan Cara Tidur Anda.

by pwmedsweb
0 comment

Tidur malam yang nyenyak akan membuat Anda merasa nyaman saat alarm membangunkan Anda di pagi hari. Tapi, jika Anda secara teratur bangun dengan punggung pegal, bisa jadi itu akibat dari posisi tidur Anda.

“Kita sering memperhatikan postur kita ketika kita bangun dan berdiri, duduk atau mengangkat, tetapi banyak orang tidak menyadari dampak postur tidur dapat mempengaruhi punggung mereka,” kata ahli bedah saraf Geisinger Leslie Lyness, D.O. Beberapa posisi tidur dapat memberi tekanan pada leher, bahu, pinggul, punggung bagian bawah, lutut, dan bahkan tumit Anda, yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Berikut adalah beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan untuk bangun bebas dari sakit punggung.

1. Letakkan Tulang Belakang Anda Pada Posisi Netral

“Tidur dalam posisi yang menjaga tulang belakang Anda tetap netral memastikan tidak ada tekanan tambahan pada leher, bahu, punggung, dan pinggul Anda,” jelas Dr. Lyness.

Istilah “tulang belakang netral” berarti punggung Anda tidak melengkung atau rata.

Salah satu cara untuk memastikan tulang belakang Anda netral adalah dengan tidur di kasur busa atau innerspring yang dibuat dengan baik. Namun Anda tidak perlu keluar dan membeli kasur baru – Anda dapat menambahkan penutup kasur busa untuk penyangga tambahan.

Anda juga bisa menggunakan bantal dan gulungan handuk untuk membantu, tergantung posisi tidur Anda.

2. Tidur Telentang

“Tidur telentang pada umumnya adalah posisi terbaik untuk tulang belakang Anda,” kata Dr. Lyness. “Dalam posisi ini, berat badan didistribusikan secara merata ke seluruh permukaan terluas tubuh Anda.”

Tidur telentang meminimalkan titik-titik tekanan serta memastikan keselarasan yang tepat dari organ internal Anda. Plus, tidur telentang juga bisa menangkal refluks asam malam hari.

“Menempatkan bantal di bawah lutut dan handuk kecil yang digulung di bawah lekukan punggung Anda akan menjaga tulang belakang Anda tetap netral saat Anda tidur telentang,” kata Dr. Lyness.

3. Alternatif Sisi

Tidur miring adalah posisi alternatif yang baik jika Anda tidak bisa tidur telentang.

“Ketika Anda tidur miring, tulang belakang Anda memanjang, yang dapat mencegah sakit leher dan punggung,” kata Dr. Lyness. “Posisi ini membuat saluran udara Anda tetap terbuka, yang dapat membuat Anda cenderung tidak mendengkur.”

Jika Anda tidur menyamping, coba ganti di sisi mana Anda tidur – biasanya tidur hanya di satu sisi di kasur yang tidak pas dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidakseimbangan otot. Saat Anda tidur miring, meletakkan bantal di antara kedua lutut dapat menjaga agar pinggul, panggul, dan tulang belakang tetap sejajar.

4. Jangan Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap adalah posisi terburuk untuk punggung Anda.

“Ketika Anda tidur tengkurap, sulit untuk menjaga tulang belakang Anda tetap netral karena dapat meratakan lekukan alaminya, ditambah lagi menambah ketegangan dan tekanan pada otot dan persendian,” kata Dr. Lyness. “Tekanan ini berpotensi menyebabkan mati rasa, kesemutan, saraf teriritasi, dan nyeri umum.”

Jika Anda tidak bisa tidur dengan posisi lain, bantal di bawah perut bagian bawah dan panggul dapat membantu meredakan ketegangan punggung.

You may also like

Leave a Comment