Home Nutrisi Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

by pwmedsweb
0 comment

Tahu apa yang harus dimakan adalah kunci untuk tetap sehat saat hidup dengan diabetes. Dengan sedikit perubahan, Anda dapat memiliki rencana permainan untuk segala hal mulai dari makanan hingga makanan ringan.

Jika Anda menderita diabetes, salah satu pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan adalah, “Apa yang harus saya makan?” Ada beberapa pertimbangan, seperti waktu makan dan jumlah makro Anda. Anda dapat menghindari stres saat makan menggunakan sistem sederhana yang disebut metode piring.

Metode piring untuk diabetes

Seperti namanya, metode piring melibatkan membagi piring Anda menjadi tiga bagian:

  • Setengah piring untuk sayuran non-tepung
  • Seperempat untuk protein
  • Seperempat untuk pati dan karbohidrat

Ini tidak hanya membuat makanan seimbang, tetapi juga membantu Anda mengelola gula darah. Dan sebagai bonus, itu membuat Anda lebih memperhatikan ukuran porsi.

Mulai

Tidak yakin harus mulai dari mana? Mulailah dengan pelat berdiameter 9 inci. Sebelum menyajikan makanan Anda, bayangkan tiga segmen terpisah. Ini akan membantu Anda mengetahui berapa banyak ruang yang harus digunakan setiap item. Untuk mempermudah, cari piring dengan pembatas bagian di toko lokal Anda atau online. Jika Anda tidak dapat menemukan piring yang dipotong, coba tandai garis pemisah saat Anda membuat makanan.

Menyiapkan piring Anda untuk mencapai keseimbangan yang sehat ini adalah salah satu langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk merasakan yang terbaik. Dan Anda tidak perlu melewatkan makanan yang Anda sukai.

Visualisasikan sayuran

Saat Anda menyajikan makanan, jadikan sayuran sebagai fokus utama. Tutupi setengah piring Anda dengan sayuran non-tepung seperti:

  • Asparagus
  • Brokoli
  • Sayuran hijau
  • Tomat
  • Mentimun
  • Kembang Kol
  • Kacang hijau
  • Terong
  • Wortel
  • Timun Jepang

Rencanakan protein

Setelah Anda mengonsumsi sayuran, isi seperempat piring Anda dengan protein yang menyehatkan jantung seperti:

  • Ayam atau kalkun tanpa kulit
  • Ikan, terutama ikan todak dan salmon
  • Potongan daging sapi atau babi tanpa lemak
  • Makanan laut, seperti udang atau kerrang
  • Legum, seperti lentil atau kacang
  • Alternatif daging nabati
  • Kacang atau selai kacang
  • Menghemat ruang untuk pati

Di seperempat terakhir piring Anda, sertakan makanan bertepung dan karbohidrat lain seperti:

  • Biji-bijian utuh:
  • beras merah atau liar
  • biji gandum
  • Jelai
  • Pasta gandum utuh, sereal, roti atau roti gulung
  • Sayuran bertepung:
  • Kentang
  • Ubi
  • Labu
  • Kacang polong
  • Lobak
  • Bit
  • Lobak
  • Keju rendah lemak atau yogurt Yunani
  • Buah segar atau kering
  • Susu rendah atau tanpa lemak

Jangan lupakan gelas Anda

Setelah hidangan Anda siap, pilih minuman rendah atau tanpa kalori. Pertimbangkan untuk menyeruput:

  • Air
  • Teh tawar
  • Kopi hitam
  • Soda makanan
  • Air tanpa kalori atau seltzer beraroma
  • Untuk menghidupkan air Anda, tambahkan beberapa tetes penambah rasa bebas kalori.

Ruang untuk indulgensi

Mengikuti metode piring tidak berarti Anda harus melewatkan makanan favorit Anda. Hidangan seperti casserole, sup, pizza, dan burger semuanya cocok. Mereka disebut makanan kombinasi, makanan atau barang yang terbuat dari bahan dan kelompok makanan yang berbeda. Misalnya, burger akan mengandung protein dari patty, susu dari keju (jika menggunakan) dan karbohidrat dari roti. Gunakan aturan yang sama dengan makanan kombinasi untuk membuat piring Anda. Dan jika memungkinkan, pertimbangkan pertukaran yang sehat, seperti roti gandum untuk burger Anda. Tukar kentang goreng biasa dengan kentang goreng atau salad buatan sendiri.

Melampaui piring

Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, bekerja sama dengan spesialis perawatan dan pendidikan diabetes (DCES) dapat membantu Anda menurunkan risiko komplikasi.

Mereka mungkin merekomendasikan beberapa hal, termasuk:

  • Menjadi aktif secara fisik
  • Minum obat
  • Tingkat pemantauan di rumah dan melalui pengujian laboratorium regular
  • Mendapatkan imunisasi dan pemeriksaan mata dan kaki
  • Perencanaan makan untuk mendukung diet seimbang dan sehat

You may also like

Leave a Comment