Home Kesehatan Berapa Banyak konsumsi Kafein yang Aman?

Berapa Banyak konsumsi Kafein yang Aman?

by pwmedsweb
0 comment

Anda sering merasa gelisah atau ada sesuatu yang “kurang” dalam menjalani hari dan kesibukan ketika belum mengkonsumsi kopi?. Baca ini!

Dalam jumlah sedang, kafein memberikan manfaat seperti peningkatan kewaspadaan. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan potensi manfaat kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Tetapi jika secangkir kopi itu adalah yang pertama dari sekian banyak, dapatkah Anda melakukannya secara berlebihan? Apakah Anda mendapatkannya dari kopi, soda, atau suplemen makanan, terlalu banyak kafein bisa membuat Anda gelisah daripada tersentak.

“Kafein dapat menjadi bagian dari diet sehat, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah sedang,” kata Robert Watterson, MD, seorang dokter penyakit dalam Geisinger. “Setiap orang bereaksi berbeda, tetapi konsumsi di atas 400 miligram biasanya terjadi ketika orang merasakan efek sampingnya.”

Kelihatannya banyak, tetapi minuman berenergi dan kopi yang dibeli di toko bisa mengandung setengahnya dalam satu porsi. Untuk menentukan berapa banyak kafein yang terlalu banyak untuk Anda, amati bagaimana perasaan Anda dan dokumentasikan asupan Anda.

Apa efek samping dari terlalu banyak kafein?

Setiap orang sesekali mengalami kemerosotan di tengah hari. Baik karena kurang tidur atau jadwal yang melelahkan, Anda mungkin tergoda untuk minum secangkir kopi atau minuman berenergi untuk mengisi tenaga. Tetapi melakukannya secara berlebihan bisa membuat Anda merasa gugup, paranoid, atau gelisah.

“Kafein memiliki efek positif, seperti membantu kita tetap fokus dan waspada,” kata Dr. Watterson. “Tapi jika kita minum terlalu banyak terlalu cepat, efeknya menjadi tidak menyenangkan dan dapat membahayakan kesehatan kita.”

Tanda-tanda Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein meliputi:

Kegugupan

Kegoyahan

Kecemasan

Detak jantung cepat

Mual

Arik

Paranoia

Agitasi

“Karena kafein adalah stimulan, kafein meningkatkan kadar serotonin dan norepinefrin,” kata Dr. Watterson. “Dalam jumlah sedang, Anda bisa merasakan euforia yang waspada dan akut. Tetapi jika Anda melakukannya secara berlebihan, Anda akan merasa cemas dan mungkin sakit.”

Melacak bagaimana perasaan Anda setelah mengonsumsi kafein adalah langkah pertama untuk mengetahui batasan Anda. Sementara FDA menyarankan untuk mengonsumsi kurang dari 400 mg setiap hari, mungkin hanya perlu satu cangkir kopi bagi Anda untuk merasakan hal yang sama seperti orang lain yang minum enam cangkir. Itu mempengaruhi setiap orang secara berbeda.

Apakah overdosis kafein adalah hal yang nyata?

Jika Anda minum kopi, soda, atau minuman berenergi, kemungkinan besar overdosis kafein. Anda harus minum sekitar 28 cangkir kopi seduh untuk mencapai tingkat berbahaya itu.

Namun, Anda harus berhati-hati dengan bubuk kafein dan suplemen. Kafein dalam 28 cangkir kopi sama dengan satu sendok teh bubuk kafein murni.

“Bubuk kafein sering digunakan di kalangan atletik atau dipasarkan sebagai suplemen penurun berat badan,” kata Dr. Watterson. “Perhatikan berapa banyak yang Anda gunakan dan selalu konsultasikan dengan dokter Anda.”

Jika Anda menggunakan bedak, pastikan untuk membersihkan tumpahan apapun. Anak-anak dan hewan sensitif terhadap kafein, dan bahkan sejumlah kecil dalam bentuk bubuk bisa berakibat fatal jika tertelan.

Dan pastikan untuk bertanya kepada dokter atau apoteker Anda jika ada obat Anda yang berinteraksi dengan kafein.

“Kafein adalah obat, dan berinteraksi dengan beberapa obat yang biasa diresepkan, termasuk atomoxetine, bupropion, ciprofloxacin, clozapine, linezolid, lithium, dan tizanidine,” kata Dr. Watterson. “Syukurlah, konsumsi kafein dalam jumlah sedang – tidak lebih dari satu hingga dua cangkir kopi per hari – tidak mungkin menyebabkan interaksi obat yang serius.”

Apa yang mengandung kafein paling banyak?

Memoderasi asupan Anda dimulai dengan mengetahui di mana Anda mengonsumsi kafein.

Kopi

Delapan ons kopi yang diseduh mengandung sekitar 80 hingga 100 miligram (mg) kafein. Meskipun ini sepertinya tidak banyak, efeknya dapat bertambah karena Anda memiliki lebih banyak cangkir sepanjang hari.

Minuman berenergi

Beberapa merek minuman energi populer mengandung 40 hingga 350 mg kafein per porsi. Periksa label nutrisi untuk melacak berapa banyak yang Anda konsumsi.

Teh

Secangkir teh hitam biasanya mengandung 30 hingga 50 mg kafein. Varietas lain, seperti teh putih atau hijau, cenderung memiliki kadar yang lebih sedikit.

Soda

Meskipun mengandung kurang dari satu cangkir kopi, beberapa kaleng soda mengandung 30 hingga 55 mg kafein, tergantung jenisnya.

Cokelat

Minuman adalah biang keladi kafein yang khas, tetapi jangan lupakan cokelat. Sebatang cokelat hitam (kira-kira 100 gram) memiliki jumlah kafein yang sama dengan secangkir kopi. Cokelat hitam memiliki lebih dari susu atau putih, dan makanan rasa cokelat seperti kue, biskuit, dan brownies memiliki lebih sedikit cokelat daripada cokelat sebenarnya.

Cara mengurangi kafein dan tetap nyaman

Mencari cara yang lebih baik untuk tetap berenergi sepanjang hari? Ada banyak pilihan untuk mengurangi kafein tanpa efek samping yang tidak menyenangkan.

“Apa pun yang Anda lakukan, jangan berhenti,” kata Dr. Watterson. “Tubuh Anda terbiasa dengan kafein, jadi ketika tidak mendapatkannya, Anda akan sakit kepala dan mungkin merasa gelisah. Cobalah mengurangi dan mengurangi asupan Anda secara bertahap selama beberapa minggu.

“Kopi itu rumit karena menjadi ritual,” kata Dr. Watterson. “Biasanya begitulah cara kita memulai hari dan bisa menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Saya merekomendasikan teh untuk siapa pun yang mencoba menurunkan asupan kafein mereka. Anda masih bisa menambahkan sedikit susu atau gula ke dalam teh Anda, dan itu memberi Anda jumlah yang cukup untuk memulai hari Anda.”

Raih manfaatnya, bukan efek sampingnya

Moderasi, dalam semua aspek kehidupan, biasanya dihargai. Untuk asupan kafein harian, hingga 400 mg sehari aman – dan bahkan mungkin bermanfaat. Jika Anda tertarik menggunakan bedak atau khawatir tentang interaksi dengan obat lain, bicarakan dengan dokter Anda.

Sumber: www.geisinger.org

You may also like

Leave a Comment