Home Nutrisi Bagaimana tubuh Anda berubah ketika Anda berhenti minum soda

Bagaimana tubuh Anda berubah ketika Anda berhenti minum soda

by pwmedsweb
0 comment

Soda telah lama menikmati tempat khusus dalam masyarakat kita. Ia menemukan jalannya ke dalam minuman campuran dan es krim mengapung, dan itu adalah mitra populer untuk sepotong pizza panas. Dibeberapa tempat, menemukan sebotol soda mungkin lebih mudah daripada menemukan sebotol air.
Menurut Centers for Disease Control (CDC), 49% orang dewasa di AS mengonsumsi satu minuman manis, seperti soda atau limun, setiap hari. Dan 63% anak muda minum setidaknya satu minuman dengan tambahan gula setiap hari.
Saatnya untuk menjauh dari soda. “Meskipun begitu tersedia, soda jauh dari kata sehat,” jelas Dr. Eddie Rodriguez-Lopez, seorang dokter perawatan primer di Geisinger Medical Clinic Lock Haven.

“Faktanya, soda dan minuman ringan manis lainnya mungkin menjadi salah satu penyebab utama obesitas. Meskipun sesekali minum soda tidak akan memiliki efek jangka panjang yang bertahan lama, minum satu atau lebih minuman manis setiap hari akan berpengaruh.”


Faktanya adalah, tubuh Anda berubah menjadi lebih baik ketika Anda berhenti minum soda — Dr. Rodriguez-Lopez mengungkapkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Anda akan lebih terhidrasi

Haus? Minum air adalah cara yang harus dilakukan (jadi Anda tidak perlu pergi terlalu banyak).
“Soda mengandung kafein, yang bersifat diuretik,” kata Dr. Rodriguez-Lopez. “Akibatnya, minum soda justru akan membuat Anda dehidrasi. Ini dapat membebani tubuh Anda untuk menemukan sumber air – yang memberi banyak tekanan pada ginjal Anda. Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk memuaskan dahaga dan rehidrasi, air selalu menjadi pilihan terbaik. Jika Anda lebih suka sesuatu dengan lebih banyak rasa, coba tambahkan buah segar ke dalam air Anda.”

Gigi Anda akan berterima kasih

Beralih dari soda akan memberi Anda sesuatu untuk tersenyum: Tidak ada lagi gula dan asam yang menggerogoti email gigi Anda. Soda rata-rata memiliki PH 2,5 – membuatnya sama asamnya dengan jus lemon.

“Enamel adalah garis pertahanan pertama untuk gigi Anda – dan setelah email tersebut terkikis, gigi Anda menjadi rentan terhadap pembusukan dan akhirnya kematian gigi,”

kata Dr. Rodriguez-Lopez. “Anda juga tidak bisa mendapatkan kembali email setelah hilang, jadi Anda harus mempertahankan email yang Anda miliki.”
Memotong soda menghemat enamel Anda, yang melindungi gigi Anda dari pembusukan. Bicaralah dengan dokter gigi Anda jika Anda melihat gigi Anda terasa sangat sensitif.

Anda akan memotong asupan gula dan kalori Anda

Gula dan kalori seperti asap dan api — jika ada banyak, mungkin ada banyak yang lain.
Jadi, ketika Anda memutuskan untuk tidak minum soda sekaleng 12 ons itu, Anda telah menghemat sekitar 140 kalori dan 32 gram gula. Yang satu itu dapat menampung 7 gram lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association yaitu 25 gram gula untuk wanita, dan hanya 4 gram di bawah asupan harian yang direkomendasikan yaitu 36 gram untuk pria.
Dan dengan menurunkan asupan gula dan kalori, Anda menurunkan risiko kenaikan berat badan dan masalah metabolisme lainnya seperti tekanan darah tinggi – perubahan metabolisme yang dapat mempersulit pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

“Menghentikan soda dari diet Anda tidak hanya menurunkan risiko kenaikan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan,”

kata Dr. Rodriguez-Lopez.

Anda akan menurunkan risiko diabetes Anda

Minum satu hingga dua minuman manis setiap hari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sekitar 25%, jadi menolak soda adalah cara yang baik untuk menurunkan risiko itu. Ini karena salah satu faktor risiko terbesar untuk diabetes adalah asupan gula tambahan Anda.

“Soda sering mengandung gula dalam bentuk fruktosa dan sukrosa, yang merupakan dua variasi gula ‘tersembunyi’ yang umum,”

kata Dr. Rodriguez-Lopez. “Semua bentuk gula tambahan terkait dengan diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Asupan gula yang berlebihan menyebabkan stres pada pankreas, yang dapat menyebabkan resistensi insulin, dan pada gilirannya, diabetes.

Risiko penyakit jantung Anda turun

Inilah keuntungan tak terduga dari meletakkan pop: Anda menurunkan risiko penyakit jantung. Satu studi menyimpulkan bahwa peminum soda mungkin memiliki risiko penyakit jantung koroner hingga 20% lebih tinggi.
Dan berhenti dari soda diet juga cerdas untuk jantung — satu penelitian menunjukkan bahwa 61% orang yang minum soda diet setiap hari memiliki insiden penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi.
Apalagi jika Anda sudah berisiko terkena penyakit jantung, menghentikan kebiasaan soda adalah cara yang baik untuk tetap sehat.

Kiat untuk sukses

Manfaat menghilangkan soda sudah jelas. Lalu bagaimana cara menguranginya? “Memulai dari yang kecil dapat membuat transisi lebih mudah,” kata Dr. Rodriguez-Lopez. “Cobalah untuk membawa air setiap saat, tambahkan buah segar untuk rasa dan variasi jika Anda suka,” katanya. “Jika Anda menginginkan karbonasi, pertimbangkan untuk beralih ke alternatif bersoda, seperti air soda bebas gula atau seltzer.” Anda bahkan dapat menambahkan percikan jus buah untuk memerangi keinginan mengidam gula.
Jika Anda mengalami gejala penarikan kafein sepanjang hari, seperti sakit kepala atau merasa lesu, cobalah menyeruput teh hijau atau es teh tanpa pemanis dengan lemon segar. Dengan mengambil langkah-langkah kecil, Anda akan menyiapkan diri untuk kesuksesan jangka panjang — dan tubuh Anda akan
menikmati semua manfaatnya

Sumber : www.geisinger.org

You may also like

Leave a Comment