Home Nutrisi 4 Makanan yang Baik untuk Jantung dan Otak

4 Makanan yang Baik untuk Jantung dan Otak

by pwmedsweb
0 comment

Mengalami stroke bisa menjadi pengalaman yang mengubah hidup, tetapi seringkali bisa dicegah.
Kondisi kesehatan tertentu dan faktor gaya hidup – termasuk tekanan darah, merokok atau tidak,
diabetes, dan pola makan – berperan besar dalam risiko stroke
.

“Makanan yang sama yang membantu kita menjaga berat badan yang sehat dan mencegah diabetes dan penyakit jantung juga dapat membantu mencegah stroke,” kata Dr. Ramin Zand, ahli saraf vaskular. “Itu karena kesehatan jantung dan stroke terkait erat. Berfokus pada makan makanan kaya nutrisi yang baik untuk jantung Anda dapat membantu menurunkan risiko stroke Anda. Dr. Zand merekomendasikan untuk fokus pada pilihan makanan sehat otak ini untuk membantu mencegah stroke.

Buah dan sayuran

Tidak mengherankan bahwa buah-buahan dan sayuran, yang merupakan pilihan diet cerdas untuk mengendalikan berat badan dan menjaga kesehatan jantung Anda, juga dapat membantu mencegah stroke. Mereka secara alami rendah lemak dan kalori, tetapi kaya serat, yang membantu Anda merasa kenyang. Buah-buahan dan sayuran juga sarat dengan nutrisi seperti potasium, serat, folat, vitamin A dan vitamin C.
Makanan tinggi kalium, seperti ubi jalar dan putih, pisang, tomat, plum, melon dan kedelai, dapat membantu Anda menjaga tekanan darah yang sehat – faktor risiko utama stroke. Makanan kaya magnesium, seperti bayam, juga terkait dengan risiko stroke yang lebih rendah.

“Makan empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko terkena stroke, menjaga kesehatan jantung, dan secara umum menjaga berat badan Anda tetap sehat,”
kata Dr. Zand.

Ikan

Salmon, tuna albacore, trout, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol Anda. Faktanya, para peneliti telah mengaitkan makan ikan secara teratur dengan risiko stroke yang lebih rendah.
“Omega-3 adalah lemak sehat yang ditemukan pada ikan berminyak,” jelas Dr. Zand. “Makan dua hingga tiga porsi salmon atau herring setiap minggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena stroke.”

Biji-bijian utuh

Pada kesempatan Anda berbelanja berikutnya, pilihlah roti gandum utuh alih-alih roti putih halus.
“Ketika biji-bijian disuling untuk membuat roti putih, muffin Inggris, dan nasi putih, banyak nutrisi sehat yang dihilangkan,” kata Dr.Zand. “Itulah mengapa kami merekomendasikan untuk memilih roti gandum dan sereal, oatmeal dan beras merah sebagai gantinya.”Biji-bijian utuh kaya akan serat, vitamin B (termasuk folat dan thiamin), magnesium, dan zat besi – semuanya meningkatkan kesehatan jantung, yang dapat membantu mencegah stroke.

Susu rendah lemak

Keju, susu, yogurt, dan produk susu lainnya menghasilkan kalsium, protein, vitamin D, dan kalium. Tetapi produk susu penuh lemak juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, pilihlah produk susu, yogurt, dan keju rendah lemak dan tanpa lemak, yang memberikan nutrisi sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi — semua faktor risiko stroke.
“Secara umum, makan makanan yang kaya akan makanan yang menyehatkan jantung akan membantu mencegah stroke,” saran Dr. Zand. “Berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat, yang juga lebih mudah jika Anda makan makanan yang sehat, juga akan membantu Anda menghindari stroke.”

Sumber : www.geisinger.org

You may also like

Leave a Comment